KRISIS MISIL KUBA (Main Part)

4

February 2, 2012 by engkongyudo

          Secara umum, krisis misil Kuba adalah konfrontasi antara Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Kuba yang hampir menyebabkan perang nuklir. Amerika Serikat sendiri takut dengan adanya rudal misil yang diletakkan Uni Soviet di Kuba, dan Uni Soviet sendiri tidak mau melepaskan kesempatan menaruh rudal misil di Kuba yang jaraknya hanya beberapa mil dari daratan Amerika Serikat. Krisis misil ini sendiri tidak berlanjut menjadi perang nuklir karena ada diplomasi dan perjanjian antara John F. Kennedy (Presiden Amerika Serikat saat itu) dan Nikita Kruschev (perdana menteri Uni Soviet saat itu).                                                                                                                                        

          Latar belakang dari krisis misil Kuba ini adalah hubungan buruk antara Amerika Serikat dan Kuba pasca revolusi yang dilakukan oleh Fidel Castro. Saat itu Fidel Castro melakukan kudeta yang akhirnya menggulingkan presiden Kuba yang didukung Amerika Serikat, yaitu Fulgencio Batista. Untuk kembali menjatuhkan Fidel Castro, Amerika Serikat sempat melakukan dua operasi rahasia dan embargo ekonomi. Pada tahun 1961 dilakukan operasi Margoose yang akhirnya gagal. Setelah itu, pada tahun 1962 Amerika Serikat melakukan embargo ekonomi terhadap Kuba yang dilanjutkan ancaman bahwa Amerika Serikat akan memakai kekuatan militer bila kepentingan Amerika Serikat di Kuba terancam. Melihat itu, Uni Soviet memberikan bantuan kepada Kuba, dimana hal ini berkaitan dedngan kebijakan Uni Soviet membantu negara dunia ketiga yang baru merdeka. Melihat bantuan ini, Kuba akhirnya berpaling kepada Uni Soviet.                                                                                                                                          

          Sebagai respon terhadap embargo ekonomi, dan adanya ancaman serangan dari Amerika Serikat terhadap Kuba, serta kerugian bagi Uni Soviet jika Kuba diambil lagi oleh Amerika Serikat, Uni Soviet dan Kuba setuju menempatkan pangkalan rudal di Kuba secara rahasia. Pengiriman rudal secara rahasia itu dimulai pada 8 September 1962, diikuti yang kedua pada 16 September 1962. Di Kuba, Soviet membangun sembilan pangkalan rudal yang mempunyai jangkauan 4000 kilometer. Pembangunan pangkalan rudal ini tidak diketahui Amerika Serikat sampai 14 Oktober 1962, dimana pesawat pengintai U-2 melihat adanya konstruksi dari sebuah pangkalan rudal di San Cristobal, Kuba bagian barat.                                                       

           Setelah mendapatkan fakta itu, Amerika Serikat menurut Executive Committee of the National Security Council (EXCOMM) punya lima pilihan untuk merespon, yaitu diam saja, memakai diplomasi untuk menekan Uni Soviet, memakai serangan udara, serangan militer secara total, dan blokade terhadap Kuba. Pada akhirnya, Amerika Serikat menyiapkan tentaranya bersiaga penuh dan melakukan blokade terhadap Kuba, khususnya untuk senjata. Akhirnya pada 22 Oktober 1962 jam 7 malam, Kennedy mengumumkan keadaan itu kepada masyarakat Amerika Serikat lewat televisi dan radio.                                                                                                                            

           Selanjutnya, diplomasi antara Amerika Serikat dan Uni Soviet mulai dibuka. Pada 23 Oktober 1962 jam 11.30 malam Amerika Serikat menawarkan untuk mencabut rudalnya di Turki asal Uni Soviet mau mencabut rudalnya di Kuba. Pada 23 Oktober 1962 jam 10.52 malam, Kruschev mengirim telegram pada Kennedy yang menyatakan bila blokade yang diberlakukan Amerika Serikat merupakan bentuk agresi terhadap Kuba dan Uni Soviet. Pada 25 Oktober 1962 jam 1.45 pagi, Kennedy merespon telegram Kruschev, menyatakan bahwa blokade dilakukan oleh Amerika Serikat karena merasa terancam dengan rudal yang ada di Kuba dan meminta Uni Soviet membongkar rudal yang ada di Kuba. Pada 25 Oktober 1962 jam 7.15 pagi, dua kapal laut Amerika Serikat, USS Essex dan USS Gearing, memeriksa kapal Bucharest dari Uni Soviet, tapi lolos karena tidak membawa barang-barang militer. Pada sore harinya, jam 5.43, USS Kennedy memeriksa kapal Marcula, tapi kembali lolos seperti kapal Bucharest. Masih pada hari yang sama, jam 5 sore, Amerika Serikat mengumumkan rudal di Kuba sudah mulai aktif, dan besok paginya Kennedy menyatakan kalau invasi militer adalah cara satu-satunya, sementara Uni Soviet sendiri tidak menunjukkan indikasi akan mundur karena pernyataan itu.                                                                                  

           Krisis akhirnya terus berlanjut. Pada 27 Oktober 1962 jam 6 pagi, CIA menyatakan enam rudal di Kuba sudah siap dioperasikan. Pada hari yang sama, di Moskow sendiri jam 9 pagi Voice of Russia menyiarkan pesan dari Kruschev yang menawarkan mencabut nuklir dari Kuba asal nuklir di Turki yang dimiliki oleh Amerika Serikat juga dicabut. Akan tetapi pada jam 10, Kremlin menyatakan kalau hal itu masih merupakan perdebatan dalam Kremlin sendiri, dan pada jam 11 kembali dinyatakan kalau itu adalah keinginan dari Kruschev sendiri. Sementara itu di Kuba sendiri ada beberapa pesawat U-2 milik Amerika Serikat yang terbang di sekitar Kuba, dimana hal ini malah makin memperkeruh keadaan.                                                                                         

           Pada tanggal 28 Oktober 1962, diadakan persetujuan antara Kennedy dan Kruschev. Kennedy dan Kruschev bertemu di Yenching Palace Chinese Restaurant di Washington D.C. Kennedy menyatakan kalau dia menerima keinginan Kruschev, yaitu mencabut rudalnya di Turki sementara Kruschev mencabut nuklirnya di Kuba. Sementara Kennedy bertemu dengan Kruschev, adik dari Kennedy, yaitu Robert Kennedy bertemu dengan duta besar Uni Soviet di kedutaan Uni Soviet di Washington D.C. Langkah dari Kennedy bersaudara ini sendiri tidak disetujui oleh EXCOMM, karena dianggap melanggar otoritas dari NATO dan Turki. Isi dari perjanjian antara Kennedy dan Kruschev adalah                                                                                                                                                                       

1) You would agree to remove these weapons systems from Cuba under appropriate United Nations observation and supervision; and undertake, with suitable safe-guards, to halt the further introduction of such weapon systems into Cuba.

2) We, on our part, would agree—upon the establishment of adequate arrangements through the United Nations, to ensure the carrying out and continuation of these commitments (a) to remove promptly the quarantine measures now in effect and (b) to give assurances against the invasion of Cuba.                                                                                                                                          

            Inti dari perjanjian tersebut adalah mencabut pangkalan rudal di Kuba atas pengawasan dari PBB, mencabut semua blokade, dan berjanji bahwa Kuba tidak akan mendapat serangan. Pada akhirnya Amerika Serikat dan Uni Soviet mencabut pangkalan rudal masing-masing, yaitu di Kuba dan Turki.

About these ads

4 thoughts on “KRISIS MISIL KUBA (Main Part)

  1. daniel says:

    mau tanya, kalo perjanjian antara JFK dan Kruschacev itu ditulis dengan nama perjanjian apa dalam mengakhiri krisis misil kuba? sumber dari perjanjian itu darimana? terima kasih

    • engkongyudo says:

      sumbernya saya ambil dari buku America’s Uncivil Wars,penulisnya Mark Hamilton Lytle..maaf kalau ngga bisa klarifikasi nama perjanjiannya,soalnya bukunya lagi ngga di saya..tapi nanti saya carikan deh..terima kasih :)

  2. puspita says:

    Keren nih tulisannya :D thx ya nambah wawasan

  3. Kalo masalah penangguhan kuba di dalam keanggotaan OAS itu gmn critanya ya? apakah ada buku yg membahas itu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Calendar

February 2012
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

Library

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 709 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 709 other followers

%d bloggers like this: