BRITISH INVASION (preface)


               Era 1960an di Amerika Serikat dikenal sebagai era perubahan. Bahkan dalam buku Garis Besar Sejarah Amerika, yang merupakan buku sejarah resmi dari pemerintah Amerika Serikat, era 1960an dibahas dalam bab XII yang berjudul Dekade-Dekade Perubahan. Salah satu perubahan dalam budaya masyarakat di Amerika Serikat adalah berkembangnya counterculture, dengan musik Rock ‘n Roll sebagai salah satu aspeknya. Sebelumnya, pengaruh Rock ‘n Roll di tahun 1950an di Amerika Serikat tidak sebesar era 1960an. Pada era 1960an Rock ‘n Roll dianggap sebagai sebuah musik pemberontakan untuk kaum muda.

                Hal yang membuat posisi Rock ‘n Roll naik di Amerika Serikat adalah adanya British Invasion. Sebenarnya British Invasion bukanlah suatu peristiwa, melainkan suatu fenomena dimana pada tahun 1964 band-band asal Inggris berhasil menduduki posisi teratas dalam chart musik di Amerika Serikat. Oleh para ahli sejarah, British Invasion ini ditandai dengan tampilnya band The Beatles dalam Ed Sullivan Show pada 9 Februari 1964. Hal yang unik adalah band-band asal Inggris itu memainkan musik Rock ‘n Roll yang pertama muncul di Amerika Serikat!

                 Sebenarnya, The Beatles bukanlah pemusik Inggris pertama yang berhasil menembus musik Amerika Serikat. Sebelumnya pada tahun 1930 sampai 1940 ada Ray Noble, Vera Lynn, dan George Shearing, dimana mereka merupakan artis Inggris yang sukses di Amerika Serikat. Tapi pengaruh mereka tidak besar dalam budaya masyarakat Amerika Serikat. Pada masa mereka juga musik Rock ‘n Roll di Amerika Serikat tidak terlalu berkembang.

                 Musik Rock ‘n Roll pertama dimainkan di Amerika Serikat lewat siaran radio oleh DJ Alan Freed. Siaran radio itu dimainkan pada tahun 1952. Dengan berkembangnya radio dan banyaknya orang yang memiliki radio, maka musik Rock ‘n Roll bisa tersebar dengan cepat ke seluruh Amerika Serikat. Respon yang didapat bermacam-macam, untuk kebanyakan anak muda kulit putih di Amerika Serikat, itu adalah musik yang bagus, tapi untuk kalangan orang tua, mereka memandang hal itu buruk, terlalu keras, dan terutama karena mereka tahu itu adalah musik kulit hitam. Saat itu juga paham rasisme di Amerika Serikat masih kuat.

                 Sebagai akibatnya, Rock ‘n Roll tidak terlalu berkembang di Amerika Serikat, tapi di Inggris malah berkembang pesat. Pada era 1950an di Inggris juga berkembang aliran Skiffle yang dipopulerkan oleh Looney Donegan dengan menggunakan lagu-lagu dari Amerika Serikat.  Skiffle bisa diangap sebagai perkenalan rakyat Inggris terhadap musik Amerika Serikat yang nantinya mengenalkan rakyat Inggris terhadap Rock ‘n Roll. Selanjutnya, tahun 1964 terjadi fenomena British Invasion yang membawa kembali Rock ‘n Roll ke Amerika Serikat dengan kemasan yang lebih segar.

           British Invasion sendiri dibagi atas beberapa periode. British Invasion tahun 1964 merupakan yang pertama kali. Fenomena British Invasion yang pertama ini “berhenti” tahun 1967 setelah The Beatles berhenti tour dan pemusik Amerika Serikat, yaitu Jimi Hendrix, meraih sukses di Inggris. Selanjutnya musik dari Inggris kembali naik pada tahun 1970an dengan munculnya David Bowie, Elton John, dan Rod Stewart. Tahun 1980an dianggap sebagai British Invasion kedua, dengan masuknya Punk. British Invasion yang pertama ini adalah yang paling berpengaruh besar, karena pada fenomena British Invasion  selanjutnya tidak sefenomenal yang pertama.

6 thoughts on “BRITISH INVASION (preface)

    1. Koes Plus melegendanya setelah Orde Baru berkuasa..yaah sekitar taun 1967 an lah..kan kalo jaman Soekarno berkuasa adalarangan ngga boleh mainin musik Rock ‘n Roll..nah,pas jaman Orba bisa..gitu de🙂

      ntar coba dibuat ceritanya…

  1. Bisa ga kalau fenomena ini dikatakan sebagai faktor utama yang mempengaruhi perkembangan musik Rock n Roll di Indonesia?

    Kalau iya, bagaimana caranya bisa sampai ke Indonesia? Melalui film atau apa?

    Terima kasih untuk jawabannya…🙂

    1. Rock ‘n Roll setau saya si uda dikenal di Indonesia sebelum taun 1964 mas..soalnya ngga ada penghalangnya..paling cuma pernyataan Bung Karno yg bilang itu musik “ngak-ngik-ngok” aja..nanti saya coba buat artikelnya ya mas..🙂

  2. Kalau Rock ‘n Roll ini pamornya mulai turun sejak kapan kak? Kan sekarang band macam Linkin Park atau Avenged udah bergenre hard rock.

    1. di akhir 60an sendiri sebenernya juga uda turun kok..inget ga uda muncul band2 semacam Led Zeppelin ato Jimi Hendrix Experience yg ngandalin distorsi? terus jagoan2 Rock ‘n Roll sendiri juga uda pada redup juga di akhir 60an,kaya Elvis Presley ato Chuck Berry gitu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s