HUBUNGAN UNI SOVIET DENGAN KUBA PRA KRISIS MISIL

       Pasca Perang Dunia II, hubungan Amerika Serikat dan Uni Soviet sudah mulai memburuk, bahkan Amerika Serikat sendiri melakukan politik Containment untuk membendung pengaruh dari komunis Soviet sendiri. Adanya garis Zhudanov, yaitu menyebarkan pengaruh komunis ke seluruh dunia terutama ke negara-negara yang baru merdeka, juga membuat Amerika Serikat makin waspada terhadap Uni Soviet. Sebelumnya, Uni Soviet juga telah membuat pakta pertahanan dengan negara-negara yang ada di Eropa Timur, yaitu Pakta Warsawa.                                                                                          

       Salah satu kebijakan garis Zhudanov itu yang akhirnya mempertemukan Uni Soviet dengan Kuba. Keadaan Kuba yang baru merdeka lewat revolusi oleh Fidel Castro dan buruknya hubungan antara Kuba dan Amerika Serikat sesuai dengan kebijakan garis Zhudanov yang diterapkan oleh Uni Soviet. Letak Kuba yang hanya beberapa mil dari daratan Amerika Serikat juga menjadi pertimbangan yang bagus bagi Uni Soviet untuk mengancam Amerika Serikat. Pangkalan rudal Amerika Serikat yang ada di Turki yang merupakan perbatasan dari Uni Soviet juga menjadi pertimbangan bagi Uni Soviet membantu Kuba.                                                  

          Uni Soviet akhirnya memberikan bantuan kepada Kuba. Pada awalnya, Uni Soviet memberikan bantuan keuangan untuk Kuba sehubungan dengan pemberlakuan embargo terhadap Kuba oleh Amerika Serikat. Selanjutnya, lewat Kuba, Uni Soviet juga membantu perjuangan revolusi yang terjadi di beberapa negara di Amerika Latin. Pada puncaknya, Uni Soviet dan Kuba bersepakat untuk membuat pangkalan rudal di Kuba yang nantinya menjadi krisis misil Kuba.

One thought on “HUBUNGAN UNI SOVIET DENGAN KUBA PRA KRISIS MISIL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s