WHO IS JOHN FITZGERALD KENNEDY?

John F Kennedy
The Last Real President

        John F. Kennedy adalah presiden terpilih Amerika Serikat dari partai Demokrat yang terpilih pada tahun 1960. Kennedy menang dari saingannya, Richard Nixon, dengan selisih yang tipis, 49,7% dengan 49,5%. Kennedy terkenal dengan kalimat penutup pidato kenegaraan pertamanya, yaitu “Ask not what your country can do for you, ask what you can do for your country.” Dalam menjalankan pemerintahannya, Kennedy mempunyai empat orang pilihannya, yaitu Robert McNamara, Dean Rush, C. Douglas Dillon, dan Robert Kennedy. Robert McNamara adalah analis bagi Kennedy karena kemampuannya menguasai sistem analisis. Dean Rush adalah seorang diplomat, menteri luar negeri pada masa Kennedy. C. Douglas Dillon adalah seorang bankir, menteri keuangan pada masa Kennedy. Robert Kennedy adalah adik dari John F. Kennedy, menjadi jaksa agung.

             Kebijakan pemerintahan Kennedy tidak berbeda dengan kebijakan partai Demokrat biasanya, yaitu kesejahteraan dan pemotongan pajak. Kebijakan standarnya antara lain asuransi kesehatan bagi orang tua, bantuan bagi daerah yang terbelakang, bantuan federal pada sekolah publik, pembangunan jalan raya, memperbarui hukum imigrasi, dan pengadaan department of housing and urban development (HUD). Selain itu Kennedy juga memiliki beberapa program khusus, seperti New Frontier, dan Civil Rights Act. New Frontier adalah program Kennedy untuk menguasai frontier baru, yaitu luar angkasa, karena pada saat itu Uni Soviet juga banyak melakukan percobaan untuk meluncurkan roket ke luar angkasa. Untuk Civil Rights Act, sebenarnya Kennedy bisa saja agresif memperjuangkan Civil Rights Act, tapi Kennedy hanya mendukungnya dengan banyak mengisi posisi pemerintahan federal dengan jumlah orang kulit hitam terbanyak dibanding presiden Amerika Serikat lain sebelum dia. Kennedy lebih memakai kekuasaan eksekutif dan pengadilan dibanding memperkenalkan Civil Rights Act, karena Kennedy takut membuat permusuhan dalam kongres dan kehilangan dukungan untuk program New Frontier-nya, terutama dukungan anggota kongres yang beraasal dari Amerika Serikat bagian selatan. Penggunaan kekuasaan eksekutif dari Kennedy terlihat dengan menurunkan National Guard untuk mengamankan registrasi James Meredith, orang kulit hitam yang mendaftar di universitas Tuscaloosa di Alabama. Alabama terletak di Amerika Serikat bagian selatan, dan gubernurnya, George C. Wallace menyatakan “segregation today, segregation tomorrow, segregation forever.” Dalam pemerintahan Kennedy, hal yang disayangkan adalah kematiannya yang cepat dan kurangnya dukungan dari senat sehubungan dengan ketatnya hasil pemilihan sebelumnya, sehingga kedudukan Demokrat dan Republik di senat benar-benar berimbang. Kurangnya dukungan terlihat dari dua puluh tiga Bill diajukan ke senat pada tahun 1961, hanya lima yang disahkan menjadi Act.

         Kejadian penting lain selama pemerintahan Kennedy adalah Invasi Teluk Babi, krisis misil di Kuba, dan kematiannya sendiri. Invasi Teluk Babi adalah misi dari CIA yang melatih orang-orang pelarian dari Kuba untuk merebut Kuba kembali dari Fidel Castro. Pelatihan itu sendiri dilakukan di Nikaragua, dan orang-orang pelarian itu dikirimkan kembali ke Kuba dengan diterjunkan dari pesawat di Teluk Babi pada 19 April 1961. Misi ini sendiri terhitung gagal karena ternyata Fidel Castro sudah mengetahui rencana ini, dan dari 1500 orang yang dikirimkan itu 1200 orang tertangkap pasukan Fidel Castro. Krisis misil Kuba adalah peristiwa memburuknya hubungan Amerika Serikat dengan Uni Soviet pada tahun 1962, dimana Uni Soviet meletakkan pangkalan peluru kendalinya di Kuba, dan hal ini hampir memicu Perang Dunia III. Amerika Serikat sendiri takut bila peluru kendali diluncurkan ke arahnya, karena Kuba terletak sangat dekat dengan mereka. Untuk itu, Kennedy menghubungi Kruschev dan berunding, dimana pada akhirnya Kruschev mencabut pangkalan peluru kendalinya dari Kuba dan Amerika Serikat harus memberi bantuan dana kepada Uni Soviet. Terakhir adalah kematian Kennedy sendiri, dimana Kennedy ditembak oleh Lee Harvey Osvald pada 22 November 1963 di Dallas, Texas. Sementara itu, Lee Harvey Osvald langsung ditembak oleh Jack Ruby. Kennedy akhirnya dimakamkan di Arlington, dan posisi Kennedy sebagai presiden digantikan oleh wakil presidennya, Lyndon B. Johnson.

JFK before being shot
JFK before being shot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s