UNITED STATES’ BEST THIRD PARTY (Spoiler)

bull-moose
Lambang Partai Progresif

Dalam sejarah pemilihan presiden di Amerika Serikat, biasanya masyarakat kebanyakan hanya tahu kalau kedua calon presiden hanya berasal dari partai Republik dan partai Demokrat. Hal itu tidak salah, sebab kedua partai itu merupakan dua partai terbesar di Amerika Serikat. Memang ada juga beberapa partai kecil, tapi kebanyakan dari mereka meleburkan diri ke dalam partai Republik maupun partai Demokrat. Tapi apakah memang partai-partai diluar partai Demokrat dan partai Republik itu tidak ada yang menonjol? Tidak adalah partai lain yang mempunyai pengaruh besar bagi sekarah Amerika Serikat?

Diantara partai-partai kecil itu ada sebuah partai yang mempunyai pengaruh cukup besar bagi sejarah Amerika Serikat. Partai itu adalah partai Progresif, yang populer disebut sebagai partai Bull Moose atau partai Rusa Jantan. Secara umum, partai ini adalah pecahan dari partai Republik yang kecewa dengan pemerintahan presiden saat itu, presiden William Taft. Yang uniknya lagi, partai ini didirikan oleh Theodore Roosevelt, presiden Amerika Serikat sebelum Taft, yang pada masa akhir jabatannya mencalonkan Taft sebagai presiden penerusnya.

Partai Progresif ini sendiri didirikan Theodore Roosevelt sebagai bentuk kekecewaannya terhadap pemerintahan William Taft. Penyebab utama kekecewaan Theodore Roosevelt adalah karena William Taft meragukan program-program progresif Theodore Roosevelt, yang dinilai Taft tidak membuat pribadi bebas mengembangkan usahanya. Selain itu juga dalam konferensi partai Republik, William Taft dicalonkan kembali menjadi presiden untuk pemilihan presiden tahun 1912. Setelah konferensi itu, Theodore Roosevelt menarik pendukung partai Republik yang mendukungnya, dan membuat partai baru, yaitu partai Progresif.

 Pada kampanye presiden Amerika Serikat tahun 1912, ada tiga besar calon yang bersaing, yaitu Woodrow Wilson dari partai Demokrat, William Taft dari partai Republik, dan Theodore Roosevelt dari partai Progresif. Hasil dari pemilihan presiden ini adalah Woodrow Wilson terpilih menjadi presiden dan Theodore Rosevelt ada di urutan kedua mengalahkan William Taft. Hal itu menempatkan Theodore Roosevelt sebagai calon presiden tersukses dengan mengalahkan calon dari partai yang sudah mapan. Walau tidak sampai terpilih jadi presiden, Theodore Roosevelt mampu membuat sejarah sebagai calon presiden dari partai kecil.

4 thoughts on “UNITED STATES’ BEST THIRD PARTY (Spoiler)

  1. menarik ketika sebuah partai baru mampu “menggoyang” dua partai mapan di AS. jangan lupakan figur seorang T. Roosevelt yang memang sudah memiliki nama besar. kesuksesan “partai ke tiga” ini sebagian besar karena beliau dan bukan semata-mata karena manufer partai itu sendiri. hal ini bisa dilihat pada masa-masa berikutnya dimana partai progressive tidak bisa lagi mengulang kesuksesannya. =)

    cheers, follow me back.
    http://ikramuhlis.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s