UNCLE SAM VERSUS HO CHI MINH (Why?)

Vietnam-Wall
Remember Vietnam!

Alasan dari Amerika Serikat ikut terjun dalam perang Vietnam (1957-1975) adalah politik Containment yang dijalankannya sendiri. Pengertian dasar dari Containment sendiri adalah membatasi kekuatan suatu negara, sehingga tidak menjadi terlalu kuat. Dalam hal ini, Containment yang dimaksud adalah kebijakan Amerika Serikat untuk membatasi pengaruh komunis dari Uni Soviet. Dalam Konferensi Jenewa, Vietnam sendiri dibagi dua, yaitu Vietnam Utara yang dikuasai Ho Chi Minh, seorang komunis, dan Vietnam Selatan dikuasai oleh Ngo Dinh Diem, orang Katolik Roma yang anti komunis. Hal itu jelas mengkhawatirkan Amerika Serikat, karena jika Ho Chi Minh bisa menguasai Vietnam, otomatis Vietnam akan menjadi negara komunis.

Pada saat itu di Amerika Serikat sendiri sedang disibukkan oleh adanya teori domino, dimana jika satu negara jatuh menjadi komunis, maka negara-negara di sekitarnya juga akan jatuh menjadi komunis. Jika Vietnam menjadi komunis, maka ditakutkan Myanmar, Thailand dan Indonesia akan menjadi negara komunis juga. Sejak itu Amerika Serikat terus membantu Vietnam Selatan, tapi rakyat Vietnam sendiri tidak suka pada Ngo Dinh Diem, dan setelah kematian Ngo Dinh Diem pada 1963, rakyat Vietnam banyak yang menjadi pengikut Ho Chi Minh.

 Amerika Serikat sendiri sejak 1956 terus memberikan Vietnam Selatan bantuan ekonomi dan militer, termasuk senjata dan tentara untuk memerangi Ho Chi Minh. Bahkan sampai ada 500,000 tentara Amerika Serikat di Vietnam untuk berperang. Banyaknya jumlah tentara di Vietnam itu akhirnya membuat resah masyarakat Amerika Serikat terutama kaum mudanya yang tidak mau ikut wajib militer. Keresahan itu terlihat dengan gencarnya gerakan anti perang di dalam negeri Amerika Serikat sendiri.

 Perang di Vietnam sendiri semakin sulit dan menghabiskan banyak uang Amerika Serikat dan belum lagi gerakan protes anti perang (Anti War Movement) di dalam negeri membuat Amerika Serikat pada 1973 akhirnya melakukan gencatan senjata dengan Vietnam. Usul gencatan senjata ini dikeluarkan oleh penasihat keamanan nasional, yaitu Henry Kissinger. Gencatan senjata itu dilakukan Amerika Serikat dengan menarik mundur pasukannya sampai tahun 1975. Pada tahun 1975 akhirnya seluruh Vietnam dikuasai oleh Ho Chi Minh, dan tahun 1975 seluruh tentara Amerika Serikat sudah ditarik mundur dari Vietnam. Atas gencatan senjata ini, Henry Kissinger dan Ho Chi Minh diberi hadiah nobel perdamaian dari PBB.

john-rambo
salah satu veteran Perang Vietnam, John Rambo!

2 thoughts on “UNCLE SAM VERSUS HO CHI MINH (Why?)

    1. make bom napalm aja uda diprotes masyarakat Amerika Serikat sendiri..apalagi make bom atom?haha..lagipula kalo Amerika Serikat make bom atom ditakutkan perang dunia 3 bakal terjadi..Vietnam : Komunis : Uni Soviet..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s