UNITED STATES BEST THIRD PARTY (Why?)

theodore-roosevelt
President Teddy Roosevelt

Pada tahun 1908, Theodore Roosevelt, yang sudah terpilih menjadi presiden dua kali, mengundurkan diri dan menunjuk William Taft sebagai penerusnya. 19 hari setelah turun dari jabatan presiden, sampai kembali lagi ke Amerika Serikat pada bulan Juni 1910, Theodore Roosevelt dan tim ekspedisi dari Smithsonian Institution melakukan ekspedisi ke Afrika. Saat kembali, Theodore Roosevelt melihat “pengkhianatan” William Taft dalam kebijakan politiknya. Akhirnya, pada tahun 1912, Theodore Roosevelt mencalonkan diri menjadi presiden dengan membentuk partai baru, yaitu partai Progresif atau dikenal sebagai partai Rusa Jantan.

Dapat dilihat disini faktor utama Theodore Roosevelt mencalonkan diri menjadi presiden adalah karena kecewa dengan William Taft, suksesor yang dipilihnya sendiri. Penyebab kekecewaan paling utama adalah saat William Taft meragukan program Theodore Roosevelt sebelumnya yang melakukan kebijakan eksekutif untuk membuat lahan publik terbatas untuk pengembangan secara pribadi. Peryataan William Taft ini dikritik oleh kaum progresif. Kaum progresif sendiri adalah kaum yang muncul sebagai reaksi atas kapitalisme dan korupsi politik abad ke 19, dan bertujuan menciptakan negara yang lebih demokratis dan berkeadilan sosial, pemerintahan yang jujur, tata niaga yang lebih efektif, dan komitmen baru dalam pelayanan masyarakat.  Selain itu tindakan William Taft yang menutup dukungan bagi Theodore Roosevelt membuat dukungan terhadap William Taft semakin hilang.

 Theodore Roosevelt sendiri dikenal sebagai seorang tokoh progresif di Amerika Serikat. Pada saat Theodore Roosevelt menjadi presiden, dia berpendirian bahwa pemerintah hendaknya menjadi penengah dalam faktor-faktor ekonomi yang bertentangan di Amerika Serikat, terutama hubungan antara majikan dengan buruh. Hal itu ditunjukkan Theodore Roosevelt dengan menentang upaya perusahaan-perusahaan besar yang bermain dalam bidang politik, yang ditunjukkan deengan memaksa pembubaran perusahaan-perusahaan besar karena melanggar undang-undang anti monopoli (antitrust). Keadaan zaman waktu Theodore Roosevelt menjadi presiden adalah semangat reformasi yang disebarkan oleh karya sastra, para penulis dan jurnalis memprotes praktek dan prinsip yang diwariskan dari pedesaan abad 18 yang terbukti tidak sesuai dengan negara perkotaan abad 20. Mereka banyak menyorot gabungan perusahaan keuangan tingkat tinggi, makanan yang tercemar, dan penyalahgunaan operasional kereta api. Kebijakan-kebijakan Theodore Roosevelt juga banyak dipengaruhi oleh semangat reformasi dari kaum progresif, sehingga Theodore Roosevelt mendapat banyak dukungan dari kaum progresif.

 Ada beberapa tindakan William Taft yang mengecewakan Theodore Roosevelt. Diantaranya adalah pengesahan Payne-Aldrich Tariff Act dan Antitrust law yang berlebihan. Pengesahan Payne-Aldrich Tariff Act sendiri sudah jelas memecah partai Republik sendiri. Selama Theodore Roosevelt menjadi presiden, dia tidak pernah menerapkan kebijakan menurunkan pajak, karena dia tahu akan menimbulkan masalah. William Taft tahun resiko dari menurunkan pajak itu, tapi dia mengabaikannya. Antitrust law yang diterapkan oleh William Taft sendiri dianggap berlebihan. William Taft menutup sampai 80 perusahaan, termasuk US Steel, yang oleh banyak pebisnis Amerika Serikat dan Theodore Roosevelt sebagai tindakan yang berlebihan. Theodore Roosevelt sendiri bahkan sempat malu dengan tindakan William Taft ini, bahkan dianggap semacam sindiran.

Tindakan William Taft yang menutup dukungan bagi Theodore Roosevelt jelas merupakan tantangan terbuka terhadap Theodore Roosevelt. Hal itu sekaligus makin membuat pecah partai Republik sendiri. Sebelumnya, partai Republik sendiri sudah terpisah menjadi dua golongan, yaitu konservatif dan progresif, saat pengesahan Payne-Aldrich Tariff Act. Kepopuleran Theodore Roosevelt sebelumnya juga membuat banyak orang, terutama kaum progresif, menginginkan Theodore Roosevelt naik lagi menjadi presiden, sehingga nanti terbentuklah partai Progresif pada 20 Juni 1912.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s