UNITED STATES DIPLOMACIES ON WW II

you-give-us-the-fire-wwii-poster
We'll give you HELL!!

Pada saat Jerman melakukan invasi terhadap Polandia pada 1 September 1939 yang merupakan awal dari Perang Dunia II, Amerika Serikat belum ikut campur dalam perang. Saat Jepang melakukan serangan ke Pearl Harbor di Hawaii pada 7 Desember 1941, barulah Amerika Serikat turun dalam Perang Dunia II. Tanda dari turunnya Amerika Serikat ke Perang Dunia II adalah pernyataan perang Amerika Serikat kepada Jepang yang dibacakan presiden Franklin Deleanor Roosevelt pada 8 Desember 1941. Sementara itu pada 11 Desember 1941 Jerman dan Italia menyatakan perang terhadap Amerika Serikat, dan Amerika Serikat pada hari yang sama juga menyatakan perang terhadap Jerman dan Italia.

Saat Perang Dunia II berlangsung, Amrika Serikat membuat aliansi dengan beberapa negara. Pertama adalah dengan Inggris pada 8 Agustus 1941, yang dikenal dengan nama Piagam Atlantic (Atlantic Charter). Isinya adalah tidak ada perluasan wilayah; tidak ada perubahan wilayah tanpa persetujuan orang-orang yang terkait; hak rakat untuk memilih bentuk pemerintahan mereka sendiri; pemulihan pemerintahan mandiri di wilayah yang kehilangan hal tersebut; kerjasama ekonomi antara semua negara; bebas dari perang, ketakutan, dan kekurangan bagi rakyat; kebebasan di laut; dan tidak menggunakan tentara sebagai alat kebijakan internasional.

Pada bulan Januari 1943 terjadi pertemuan antara Inggris dan Amerika Serikat di Maroko. Hasil pertemuan ini menyatakan perdamaian takkan tercapai dengan negara Poros di Balkan kecuali negara Poros itu menyerah tanpa syarat. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada tawar menawar dan agar pemimpin negara-negara Poros itu mengakui kekalahan mereka kepada dunia.

 Terjadi pertemuan lagi di Kairo, Mesir pada 22 November 1943 antara Roosevelt (Amerika Serikat), Winston Churchill (Inggris),dan Chiang Kai-Sek (Cina Nasionalis). Isinya adalah menyepakati syarat-syarat kekalahan terhadap Jepang, yaitu menyerahkan daerah yang diambil oleh Jepang dari Cina.

 Pada 28 November 1943 ada pertemuan di Teheran, Iran antara Roosevel (Amerika Serikat), Winston Churchill (Inggris), dan Joseph Stalin (Uni Soviet). Hasil dari pertemuan ini adalah kesepakatan untuk membuat organisasi internasional baru, yaitu PBB.

Pada Februari 1945 ada pertemuan di Yalta antara Roosevelt, Churchill, dan Stalin. Hasil dari pertemuan ini adalah anggota Dewan Keamanan PBB diberikan hak veto bila ada kesepakatan yang mempengaruhi keamanan mereka. Selain itu juga Jerman sudah menyerah, sehingga menghasilkan keputusan tentang bagaimana pengaturan pendudukan Sekutu di Jerman dan hukuman bagi para penjahat perang. Setelah konferensi di Yalta ini, Roosevelt meninggal dan digantikan oleh wakil presiden, Harry Truman.

 Setelah Jerman menyerah, masih ada Jepang yang harus dihadapi. Oleh karena itu kembali diadakan pertemuan antara Amerika Serikat yang diwakili Harry Truman, Inggris yang diwakili Churchill, dan Uni Soviet yang diwakili Stalin. Pertemuan itu terjadi pada 17 Juli sampai 2 Agustus 1945 di Postdam, Jerman. Pertemuan ini adalah membahas operasi untuk melawan Jepang, kesepakatan damai di Eropa, dan kebijakan untuk masa depan Jerman. Hasil dari pertemuan ini adalah kesepakatan untuk membantu pendidikan ulang bagi generasi Jerman yang dibesarkan dalam ajaran Nazi dan menetapkan prinsip-prinsip untuk pembangunan ulang kehidupan politik yang demokratis di Jerman, serta pemakaian bom atom untuk melawan Jepang. Sekutu mengumumkan Deklarasi Postdam pada 2 Juli 1945 yang menyatakan tidak akan memperbudak atau menghancurkan Jepang bila Jepang mau menyerah, atau jika tetap tidak mau menyerah, Jepang akan hancur total. Kata-kata hancur total ini merupakan ancaman penggunaan bom atom terhadap Jepang yang akhirnya jatuh di Hiroshima dan Nagasaki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s