NED KELLY, THE BUSH RANGER

WHAT IS BUSH RANGER?

Dalam benak orang yang pernah membaca tentang sejarah Australia, maka yang ada di pikiran mereka mengenai Bush Ranger adalah semacam Robin Hood di Inggris. Robin Hood yaitu seorang perampok yang memang melakukan perampokan terhadap kereta barang atau angkutan lain, tapi hasil rampokannya itu akan dibagikan kepada masyarakat miskin di komunitas tempat si Robin Hood itu tinggal. Hal itu memang tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar.

Dalam sebuah sumber, dinyatakan bahwa Bush Ranger secara umum adalah bekas tahanan yang saat bebas masih diawasi dan mendapat diskriminasi dari pemerintah. Dari alasan itulah mereka melakukan banyak perampokan untuk menghidupi mereka sendiri. Dari sini dapat dilihat bahwa Bush Ranger adalah mantan narapidana, yaitu para pendatang pertama dan keluarganya. Para pendatang berikutnya jarang yang masuk dalam kelompok-kelompok Bush Ranger. Mereka disebut Bush Ranger karena memang tinggal di tempat yang jauh dari kota, dan tempat itu adalah hutan atau semak-semak. Bush Ranger sendiri melakukan pencurian bahkan perampokan untuk menghidupi mereka sendiri. Biasanya tahanan yang baru bebas akan mencari kelompok Bush Ranger yang ada dan bergabung dengan mereka.

Di Australia sendiri banyak anggota Bush Ranger yang terkenal dan melegenda. Yang biasa muncul dalam pikiran orang bila menyebut seorang anggota Bush Ranger adalah Ned Kelly. Dari sumber-sumber yang didapatkan dari internet, Ned Kelly nampak tidak diperlakukan sebagai penjahat, walaupun dia adalah seorang Bush Ranger yang paling dicari polisi saat itu dan mendapatkan imbalan termahal saat itu bagi yang berhasil menangkapnya. Dari alasan inilah penulis tertarik untuk menulis sebuah biografi singkat tentang Ned Kelly, dimana dalam tulisan ini penulis akan lebih memfokuskan seputar “karir” Ned Kelly selama menjadi Bush Ranger.

THE EARLY NED KELLY

Sebagai awalan, disini akan dibahas kelahiran dan latar belakang dari keluarga Ned Kelly sendiri. Menurut sebuah sumber, Ned Kelly dilahirkan pada tahun 1854 di Wallon, Victoria. Merupakan anak tertua dari 8 bersaudara. Ned Kelly sendiri lahir dari keluarga Katolik Irlandia, dimana ayahnya, John “Red” Kelly, merupakan bekas tahanan dan ibunya, Ellen Quinn, merupakan imigran gelap dari Van Dieman’s Land (sekarang dikenal dengan pulan Tasmania). Keluarga Kelly sendiri tinggal di daerah Victoria, sebelah utara Melbourne, dimana mereka hidup dengan bercocok tanam. John “Red” Kelly sendiri mencari penghasilan tambahan dengan mencuri kuda, dimana akibatnya John “Red” Kelly ditahan dan dihukum penjara. John “Red” Kelly sendiri akhirnya meninggal sebelum sempat menyatakan wasiatnya.

Jika melihat pada latar belakang didepan, maka bisa disimpulkan kalau Ned Kelly merupakan contoh yang tepat sebagai Bush Ranger. Menurut sebuah sumber, dinyatakan kalau Bush Ranger berasal dari orang-orang bekas tahanan dan atau keluarganya. Hal ini sesuai dengan ayah dari Ned Kelly sendiri, yang merupakan bekas tahanan juga. Selain itu juga ayahnya melakukan pencurian untuk membiayai hidupnya, sama seperti yang dilakukan oleh Bush Ranger pada umumnya.

Ned Kelly sendiri melakukan kejahatannya pada umur 14 tahun, dimana dia merampok seorang Cina sebesar 10 shillings. Saat itu juga Ned Kelly menyatakan dia hendak menjadi Bush Ranger. Ned Kelly terinspirasi oleh Harry Power, salah satu tahanan terakhir yang dikirim ke Van Dieman’s Land karena telah mencuri sepasang sepatu dan berhasil lolos lalu menjalani hidup ala Bush Ranger.

Dari sinilah awal Ned Kelly menjalani karir sebagai Bush Ranger. Setelah perampokan pertamanya terhadap seorang Cina dan perampokan bersenjata itu, Ned Kelly akan berurusan lebih banyak dengan polisi dan kejahatannya semakin menjadi-jadi. Sebagai gambaran saja nantinya, Ned Kelly dihargai polisi sangat tinggi bagi orang yang bisa menangkapnya, yaitu sebesar 8,000 pounds. Nilai itu sekarang seharga dengan US$ 2 juta

NED KELLY AS A BUSH RANGER

Untuk melanjutkan hidupnya, Ned Kelly bersama penduduk sekitar daerahnya melakukan perampokan dan perdagangan kuda curian. Dari situ dia sudah mulai berurusan dengan polisi, dan kebenciannya terhadap polisi dimulai dari situ. Polisi sendiri juga selalu berusaha untuk menahan dia. Teman-teman Ned Kelly selama menjalani “bisnis” ini mulai dikenal sebagai Kelly’s Gang. Sebelum umur 16 tahun, Ned Kelly sempat masuk penjara dua kali, dan saat keluar dia mendapati ibunya sudah menikah lagi. Tidak lama kemudian ada laporan tentang pencurian kuda lagi atas nama Ned Kelly, dimana polisi kembali mendatangi rumah Ned Kelly dan akhirnya menahan ibunya. Ned Kelly sendiri dan saudaranya, Dan Kelly, sudah kabur jauh dari rumah sebelum penangkapan itu.

Setelah hal itu terjadi, Ned Kelly menulis surat kepada polisi meminta agar ibunya dilepaskan secara baik-baik. Saat itu Ned Kelly bergabung bersama saudaranya, Dan Kelly, dalam sebuah kelompok Bush Ranger. Sayangnya, kelompok Bush Ranger ini melakukan beberapa hal yang malah memberatkan. Mereka sempat membunuh tiga petugas polisi yang kebetulan mengikuti mereka. Akibat dari itu, 2000 polisi mengikuti dan memburu mereka. Hasilnya, sekarang Ned Kelly adalah buronan paling dicari di Australia.

Saat itu sendiri, di Australia ada yang dinamakan Felon’s Apprehension Act, yaitu sebuah peraturan yang menyatakan akan memberikan hadiah tertentu kepada seseorang atau sekelompok orang yang bisa menangkap orang yang sudah ditentukan. Peraturan ini pertama kali dipergunakan oleh pemerintah New South Wales untuk menangkap Ben Hall dan kelompoknya pada tahun 1865. Felon’s Apprehension Act ini dianggap pemerintah cukup efektif untuk menangkap Ned Kelly. Hasil yang ada adalah Ned Kelly tidak pernah tertangkap, bahkan sampai jumlah hadiahnya mencapai 8.000 pounds. Saat pertama kali Ned Kelly sendiri hanya “dihargai” 200 pounds.

Aksi Ned Kelly dan Kelly’s Gang dimulai dari sini. Sejak saat itu Kelly’s Gang menjadi bagian dari cerita rakyat Australia. Kelas atas yang kaya melihat Ned Kelly sebagai seorang yang kasar dan haus darah, sementara untuk kelas pekerja di desa dan kota melihat Ned Kelly sebagai pahlawan. Ned Kelly sendiri melihat dirinya sebagai Robin Hood dan pelindung agen kebebasan yang melawan pemerintahan Inggris yang menekan. Diluar dari melakukan perampokan, Ned Kelly dan Kelly’s Gang juga memotong kabel telegraf, merampok bank, dan mengancam seluruh isi kota.

Pada 10 Desember 1878, Kelly’s Gang melakukan invasi ke Euroa. Disana, Ned Kelly dan Kelly’s Gang mengunci 22 orang di sebuah gudang dan melakukan perampokan terhadap Bank Nasional disana. Mereka mendapatkan uang 2000 pounds dan kembali menghilang. Dua bulan kemudian Ned Kelly dan Kelly’s Gang melakukan perampokan di Bank NSW di Jerilderie. Dalam jangka 24 jam sebelum perampokan di Bank NSW ini Ned Kelly menculik dua polisi lokal dan mengunci mereka. Lalu sekitar 60 orang lokal dikumpulkan dalam ruang makan di Royal Hotel. Disana Ned Kelly mendiktekan sekitar 8.300 kata yang menjadi pernyataan mengapa dia melakukan tindakan itu (maksudnya perampokan dan menjadi Bush Ranger).

Masalah datang bagi Ned Kelly dan Kelly’s Gang saat pada esok paginya, seorang guru sekolah berhasil melarikan diri dan berhasil juga melaporkan tentang Ned Kelly kepada sekelompok polisi yang sedang melakukan patroli. Guru sekolah itu melaporkan bahwa Ned Kelly sedang berada di Royal Hotel. Ned Kelly sendiri tahu tentang hal itu dan telah bersiap untuk resiko terburuk. Ned Kelly sendiri mempersiapkan baju pelindung untuk dirinya yang terbuat dari barang-barang yang ada disana. Disana dia berhasil membuat sebuah helmet, pelindung punggung dan dada.

 Pada pukul tiga pagi, polisi mulai melakukan pengepungan terhadap Royal Hotel. Mereka memulai tembakan ke arah Royal Hotel dan kejadian tembak menembak itu terjadi dalam waktu yang panjang. Dalam kejadian baku tembak itu, dua anak kecil tewas dan satu anak kecil terluka. Ned Kelly sendiri mengalami beberapa luka, tapi hebatnya dia berhasil lolos ke dalam hutan. Akhirnya pada saat matahari terbit, Ned Kelly berjalan sempoyongan ke arah polisi yang mendatanginya. Baku tembak masih terjadi dan polisi memutuskan untuk menembak kaki Ned Kelly. Setelah itu Ned Kelly jatuh ke tanah dan akhirnya tertangkap.

THE END OF NED KELLY

Setelah tertangkap, Ned Kelly dibawa ke penjara di Melbourne.disana, Ned Kelly didakwa atas tuduhan perampokan dan pembunuhan. Dalam penjara, Ned Kelly menulis sebuah surat yang panjang, dimana isinya adalah kebijakan yang memprotes adanya diskriminasi terhadap penduduk asal Irlandia yang miskin. Walau ada protes dari masyarakat, pengadilan yang dipimpin oleh Redmond Barry tetap menyatakan Ned Kelly bersalah dan menjatuhkan hukuman gantung. Kata-kata terakhir dari Ned Kelly sendiri sebelum menerima hukuman itu adalah “Such a life”. Ned Kelly digantung di penjara Melbourne pada 11 November tahun 1880.

Tantangan terakhir Ned Kelly terhadap Felon’s Apprehension Act dan surat panjang yang dia tulis selama di penjara Melbourne banyak menginspirasi orang Australia kemudian. Surat terakhirnya yang menyatakan perlawanan terhadap diskriminasi yang dihadapi oleh penduduk asal Irlandia yang miskin dan baju pelindung yang dibuatnya menjadi simbol perlawanan dari kaum miskin untuk mendapat keadilan dan kebebasan serta hak sebagai warga negara biasa. Akhirnya simbol perlawanan ini menginspirasikan penulis, sastrawan, dan publik secara umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s