NOTES FROM THE UNITED STATES IN EARLY 20TH CENTURY

  1. Harlem Rennaisance

    Harlem Renaissance

Merupakan sebutan bagi sebuah fenomena di era 1920an, dimana orang-orang kulit hitam di Amerika Serikat mengalami kemajuan dalam berbagai hal. Kemajuan yang paling terkenal adalah musik Jazz yang mulai didengarkan orang kulit putih dan dipakai di tempat-tempat dansa. Pusat perkembangannya ada di daerah Harlem di New York.

  1. The Bootlegger

    Bootlegger

Merupakan sebutan bagi orang yang menyelundupkan minuman keras di Amerika Serikat. Penyelundupan ini terjadi setelah diberlakukannya Liquor Act yang diberlakukan pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1919. Isi dari Lizuor Act sendiri adalah pelarangan terhadap minuman keras dan tidak boleh membawa minuman keras keluar dari negara bagian. Para penyelundup ini biasanya memasukkan minuman keras ke dalam sepatu boot mereka, sehingga mereka disebut the bootlegger.

  1. The Scope Trial

    Scopes Trial

Merupakan kejadian di Amerika Serikat dimana seorang guru mengajarkan tentang teori evolusi Darwin di sekolah, yang menjadi masalah adalah teori evolusi Darwin bertentangan dengan teori penciptaan yang ada di Alkitab. Ditakutkan jika teori evolusi Darwin ini diajarkan, maka akan menimbulkan kebinungan dalam masyarakat dan membuat masyarakat menjauhi agama.

  1. Flapper

    Flappers

Merupakan sebutan bagi wanita di Amerika Serikat pada era 1920an yang sudah tidak bergaya Victorian lagi. Setelah tidak bergaya Victoria lagi, mereka memakai bedak, perona pipi, memakai gaun pendek, dan berpotongan rambut pendek. Mereka lepas dari aturan adat lama, dimana mereka sekarang pergi ke tempat hiburan malam, bioskop, melakukan apa yang mereka mau, dan tidak harus selalu ada di rumah. Semua hal itu merupakan hal yang dilarang oleh adat lama. Flapper juga identik dengan wanita modern di era 1920an, walau sebenarnya mereka adalah korban mode.

  1. Nativism

    Nativism

Merupakan paham anti imigran yang muncul setelah banyaknya imigran yang datang ke Amerika Serikat, terutama pada era 1910an dan 1920an. Para penduduk asli Amerika Serikat, dalam hal ini orang Eropa barat dan Anglo Saxon, merasa para imigran yang kebanyakan datang dari Eropa tengah dan timur telah membuat kota-kota di Amerika Serikat menjadi sempit dan kumuh, serta menjadi pesaing bagi penduduk asli dalam bekerja. Paham Nativism ini nanti berkembang menjadi gerakan ekstrimis seperti Ku Klux Klan.

  1. Teapot Dome

    Teapot Dome

Merupakan skandal penjualan cadangan minyak negara di Teapot Dome, Wyoming yang dilakukan oleh menteri dalam negeeri saat itu, Albert Fall kepada Harry Sinclair, seorang pengusaha perminyakan. Tempat cadangan minyak itu dilepas oleh Albert Fall tanpa mendapat penawaran yang kompetitif dari Harry Sinclair. Skandal ini menjadi subjek investigasi Senat terhadap kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang dekat dari presiden Warren Harding.

  1. The National Labor Relations Act of 1935

    NLR

Merupakan undang-undang yang dikeluarkan pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1935 yang bertujuan melindungi hak-hak pekerja untuk membuat serikat buruh, untuk ikut dalam demonstrasi dan kegiatan lain untuk mendukung kebutuhan mereka.

  1. The Social Security Act 1935

    Social Security act 1935

Merupakan undang-undang yang dikeluarkan pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1935 yang bertujuan memberikan jaminan sosial bagi masyarakat. Undang-undang ini menyediakan tunjangan pensiun, unemloyment compensation, dan tunjangan sosial bagi masyarakat, seperti kesehatan, kesejahteraan anak, dan rehabilitasi.

  1. Huey P. Long, Jr

    Huey Long

Merupakan oposisi terhadap New Deal yang diberlakukan FDR. Berasal dari Louisiana, merupakan salah satu orang yang menjadi pesaing terhadap pemerintahan FDR. Pada saat New deal dijalankan pertama kali pada 1933, Huey Long langsung mengundurkan diri dari posisi mendukung New Deal

  1. John Maynard Keynes

    John Keynes

Merupakan seorang pakar ekonomi. Dilahirkan tahun 1883 dan meninggal pada 1946. Keynes menjadi terkenal karena mengkritik mengenai teori ekonomi klasik. Dia menyatakan kalau perekonomian tidak bisa hanya mengandalkan invisible hand seperti yang dikemukakan oleh Adam Smith, tapi negara juga perlu terlibat didalamnya. Sebagai bukti dari teorinya, bisa dilihat bahwa jatuhnya Amerika Serikat ke dalam deepresi ekonomi adalah karena negara tidak mengatur spekulasi saham di Wall Street.

4 thoughts on “NOTES FROM THE UNITED STATES IN EARLY 20TH CENTURY

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s