Summary “All Shook Up : How Rock n Roll Changed America”

51Yp163eHjL._SX331_BO1,204,203,200_

 

Tulisan ini adalah seri laporan bacaan buku yang pernah dilakukan penulis. Enjoy!

Altschuler, Glenn C. All Shook Up: How Rock ‘n’ Roll Changed America. Oxford University Press, New York. 2003

 

            Buku ini menjelaskan tentang kemunculan rock ‘n’ roll, pengaruh terhadap masyarakat, dan “mati surinya” rock ‘n’ roll pada awal era 1960an. Isi dari buku ini tercermin dari daftar isinya, dimana bab I membahas tentang awal mula dan berkembangnya rock ‘n’ roll dari 1945-1955; bab II sampai V membahas tentang pengaruh rock ‘n’ roll terhadap masyarakat, yaitu pada ras, seksual, konflik antar generasi, dan terhadap budaya populer dalam masyarakat; dan bab VI membahas tentang meredupnya rock ‘n’ roll dalam masyarakat Amerika Serikat pada awal era 1960an.

Dari buku ini, penulis akan mengambil bab I, yaitu “All Shook Up” tentang awal dan perkembangan rock ‘n’ roll dari tahun 1945-1955, bab IV, yaitu “Yakety Yak, Don’t Talk Back” tentang pengaruh rock ‘n’ roll terhadap konflik antar generasi dalam masyarakat, dan bab VI, yaitu “The Day The Music Died” yaitu “mati surinya” musik rock ‘n’ roll pada awal era 1960an. Selain itu penulis juga akan memakai buku ini di bagian pendahuluan dan latar belakang masalah, berkaitan dengan rencana penulis yang akan memasukkan awal munculnya rock ‘n’ roll dan pengaruh awalnya terhadap masyarakat di bagian bab II skripsinya.

Bab I, yaitu All Shook Up, secara garis besar membahas tentang awal kemunculan rock ‘n’ roll yang dikaitkan dengan keadaan sosial masyarakat di Amerika Serikat. Rock ‘n’ roll muncul saat para pemuda generasi baby boom muncul mencari identitas sosialnya, dimana saat itu pemerintah juga memberikan gambaran tentang masa deepan yang baik dan buruk lewat perantaraan media massa. Rock ‘n’ roll muncul pertama lewat R’nB yang dibawa orang kulit hitam dari selatan yang bermigrasi ke utara dan banyaknya siaran radio yang memutarkan musik-musik R’nB. Untuk menghilangkan kesan rasisme, maka nama R’nB diubah oleh seorang penyiar radio, DJ Alan Freed menjadi rock ‘n’ roll, dan disinilah awal kemunculan dari rock’ n’ roll. Setelah itu muncullah Elvis Presley, orang kulit putih pertama yang memainkan musik rock ‘n’ roll yang sebelumnya lebih banyak dimainkan orang kulit hitam. Kemunculan Elvis sendiri akhirnya memunculkan pemusik rock ‘n’ roll lain yang berkulit putih, dan pemusik kulit hitam menjadi terangkat namanya sehingga muncul juga di masyarakat. Akhirnya rock ‘n’ roll makin populer dalam masyarakat dan dipakai sebagai soundtrack sebuah film yang berjudul Blackboard Jungle.

Bab IV, yaitu Yakety Yak, Don’t Talk Back, secara garis besar membahas tentang konflik antar gegnerasi yang disebabkan oleh musik rock ‘n’ roll. Adanya anggapan rasial dari orang tua membuat mereka melarang anak-anaknya untuk mendengarkan musik itu. Selain itu adanya “juvenile deliqiency”, yaitu histeria massa yang berlebihan, yang sering berlebihan membuat orang tua takut terhadap pengaruh dari rock ‘n’ roll sendiri. Terjadi banyak kasus perusakan bangunan, pemerkosaan, dan perkelahian setelah mendengarkan musik rock ‘n’ roll. Bagi pemuda, musik rock ‘n’ roll adalah suatu hal baru yang menyenangkan, yang berlawanan dengan nilai-nilai konservatif yang diterapkan pada jaman itu, sehingga pemuda menganggap musik rock ‘n’ roll sebagai pelepasan dari keketatan konservatif yang membuat mereka bosan.

Bab VI, yaitu The Day The Music Died, secara garis besar membahas tentang penurunan pengaruh dari musik rock ‘n’ roll di Amerika Serikat. Ada banyak kasus yang menyebabkan hal itu, seperti kasus hukum yang menimpa Chuck Berry dan Jerry Lee Lewis, meninggalnya Buddy Holly, Elvis Presley yang masuk ke militer, dan Little Richard yang mendalami agama dan vakum bermusik. Hal itu membuat fans kehilangan para pemusik rock ‘n’ roll sampai akhirnya masuk The Beatles ke Amerika Serikat yang membuat rock ‘n’ roll naik dengan pesat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s