Summary “Superculture: American Popular Culture and Europe”

content

Bigsby, C.W.E.,ed. Superculture American Popular Culture and Europe. Bowling Green     University Popular Press, Ohio.1975

 

Buku ini berisi tentang bagaimana pengaruh dari budaya Amerika Serikat yang menyebar di Eropa, terutama pasca PD II. Tiap bab membahas tentang berbagai bagian dari budaya yang masuk ke Eropa, termasuk musik. Pada awal buku, dijelaskan bagaimana perdebatan budaya antara Amerika dengan Inggris yang ada di bab “Europe, American, and Cultural Debate”. Dari buku ini penulis mengambil bab 9, yaitu The Call and Response of Popular Music.

Isi dari bab The Call and Response of Popular Music adalah bagaimana musik di Amerika Serikat dan Inggris saling mempengaruhi. Pada abad 18 dan 19, musik dari Eropa masih mempengaruhi Amerika Serikat.baru pada era 1850an popularitas musik Eropa mulai tersaingi oleh negro ministrel show, yaitu musik kulit hitam yang kasar yang berdasarkan pada pengalaman musik Eropa, dan merupakan musik yang tumbuh dari grassroots. Musik kulit hitam ini akhirnya dibawa menjadi musik populer oleh Tin Pan Alley, yaitu kelompok penulis lagu dan produser musik yang akhirnya membawa musik ini ke Eropa. Musik-musik yang masuk ke Eropa dari Amerika Serikat adalah ragtime, jazz, swing, dan rock ‘n’ roll. Musik ini tersebar ke Eropa lewat radio, terutama radio pasukan Amerika Serikat saat Perang Dunia II, dimana banyak memutarkan musik-musik populer di Amerika Serikat. Dijelaskan juga dimana pemuda di Eropa, khususnya Inggris, pada saat itu punya kemampuan untuk membeli apa saja yang mereka mau karena tidak tergantung pada orang tua, sehingga rock ‘n’ roll lebih bisa diterima di Inggris daripada di Amerika Serikat sendiri. Akhirnya di Inggris sendiri muncul aliran baru, yaitu skiffle, yang merupakan interpretasi terhadap musik-musik populer Amerika Serikat yang dimainkan dengan alat-alat seadanya. Selanjutnya dijelaskan juga bagaimana musik rock ‘n’ roll bisa dibawa pulang ke Amerika Serikat oleh Inggris dengan baik sehngga muncul istilah British Invasion. Setelah itu dijelaskan perkembangan musik di Amerika serikat akibatdari dampak British Invasion ini.

Dari buku ini, penulis berencana menempatkannya di pendahuluan dan pembahasan dari skripsinya. Bab III dari skripsi penulis menceritakan British Invasion dan sedikit dampaknya, sehingga sumber ini relevan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: