SUMMARY THE 1960S CULTURAL REVOLUTION

 

McWilliams, John C. Th516UyS3U1dL._SX312_BO1,204,203,200_e 1960s Cultural Revolution. Greenwood Press, London. 2000

 

Buku ini membahas Amerika Serikat pada era 1960an dengan sudut sosial masyarakat. Pada bagian awal diberikan historical overview dan chronology of events yang memberikan penjelasan apa yang terjadi di Amerika Serikat era 1960an, cukup detail dengan diberikan kronologi tanggal dan tahun kejadian. Pada bagian tengah sampai akhir, buku ini membahas tentang The New Left, The Antiwar Movement, The Counterculture, dan warisan dari era 1960an. Bagian yang akan dipakai penulis dari buku ini adalah chronology of events dan historical overview. Kedua bab itu akan penulis letakkan pada pendahuluan dan bab II dalam skripsinya.

Adapun chronology of events dan historical overview menjabarkan era 1960an di Amerika Serikat secara umum. Chronology of events memuat tanggal terjadinya peristiwa-peristiwa penting selama era 1960an, dari segi politik, perang Vietnam, musik, gerakan mahasiswa, counterculture, sampai gerakan hak sipil. Chronology of events ini bisa digunakan untuk melihat perkembangan dari masyarakat di Amerika Serikat, terutama peristiwa apa saja yang terjadi sebelum dan sesudah British Invasion.

Sementara itu, historical overview dalam buku ini dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu Sixties Politics; In and Out of Vietnam; The Tempers of the Times; Talkin’ Bout My Generation; Impact of the Media; Sex, Drugs, Rock’n’ Roll; dan A Thematic Interpretation. Sixties Politic membahas tentang kebijakan dari pemerintahan Kennedy dan Lyndon Johnson, apa saja program mereka, dan bagaimana mereka merespon gerakan hak sipil di Amerika Serikat. In and Out of Vietnam membahas tentang bagaimana jalannya perang Vietnam, kebijakan apa saja yang berkaitan dengan perang Vietnam, dan hasil dari perang Vietnam sendiri. The Temper of the Times membahas tentang apa saja masalah di awal era 1960an, seperti gerakan hak sipil, counterculture, dan feminis. Talkin’ Bout My Generation membahas tentang bagaimana keadaan dari generasi baby boom yang mencapai usia remaja di era 1960an, mengapa mereka bisa mendominasi era 1960an dengan menjadi Antiwar Activist, New Left, SDS, dan Counterculture. Impact of the Media membahas tentang bagaimana dampak dari media trehadap masyarakat, khususnya terhadap generasi baby boom, dari mulai penyiaran perang Vietnam, musik rock’n’ roll, dan film dari Hollywood. Sex, Drugs, Rock’n’ Roll membahas tentang pengaruh sex, drugs dan rock’n’ roll terhadap generasi baby boom, dan disini rock’n’ roll mendapat bagian lebih banyak karena perubahan dari sex dan drugs banyak dipengaruhi oleh musik rock’n’ roll. Terakhir, A Thematic Interpretation membahas tetang tema-tema apa saja yang bisa ditulis bila ingin membahas tahun 1960an di Amerika Serikat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: