Summary “The Beatles Diary, Volume I: The Beatles Years, by Barry Miles”

4144XJTTq4L

Miles, Barry. The Beatles Diary, Volume I: The Beatles Years. Omnimbus Press, London. 2001

            Buku ini merupakan buku yang membahas tentang The Beatles secara detail. Letak detailnya adalah kegiatan The Beatles yang ditulis secara harian. Penulisan secara harian ini membuat hal-hal yang dilakukan The Beatles menjadi sangat jelas. Cakupan yang ada dalam buku ini adalah kegiatan-kegiatan dari The Beatles (konser, rekaman, posisi single dan album di chart, dsb), kegiatan dari masing-masing pribadi The Beatles, kejadian-kejadian penting (bahkan diberikan ulasan cukup panjang), dan lagu ciptaan The Beatles yang dibawakan band atau orang lain. Buku ini sendiri dibagi per tahun sebagai bab-babnya, mulai dari pre 1960, 1961, 1962, 1963, 1964, 1965, 1966, 1967, 1968, 1969, 1970, dan aftermath..

Melihat tingkat detail dari buku ini, maka penulis akan mengambil bab “1964”, dan tahun-tahun dekat 1964 sebagai bab yang akan dipakai dalam skripsi. Hal ini didasarkan pada topik penulisan skripsi penulis yang terjadi pada tahun 1964, dan untuk memperjelas maka tahun-tahun dekat 1964 akan diambil juga. Dalam bab “1964”, kedatangan The Beatles ke Amerika Serikat dan tampil di Ed Sullivan Show dijelaskan dengan detail, dan kejadian-kejadian sebelum dan sesudahnya (misal single “I Want To Hold Your Hand” yang meraih posisi 1 dalam chart lagu di Amerika Serikat sebelum Ed Sullivan Show) juga dijelaskan, sehingga mendukung alasan mengapa British Invasion bisa terjadi. Setelah Ed Sullivan Show, band-band dari Inggris banyak masuk chart musik Amerika Serikat, mengalahkan band-band dari Amerika Serikat sendiri, sehingga muncul fenomena yang dikenal sebagai British Invasion.

            Dari buku ini hanya menjelaskan dari sudut The Beatles saja, sehingga penulis perlu mencari buku lain untuk melengkapi skripsinya. Tapi bahan dari buku ini sudah sangat bagus karena The Beatles merupakan tokoh kunci dan paling berpengaruh dalam fenomena British Invasion di Amerika Serikat, sehingga band-band Inggris yang lain yang masuk selanjutnya akan menjadi pelengkap saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: